Laksanakan Tugas dengan Sebaik-baiknya

Gubernur Riau Lantik 120 Pejabat Fungsional  

Jokowi Lantik Gubernur Riau dan Bengkulu.

 

 

RIAU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Gubernur Riau definitif Wan Thamrin Hasyim melantik 120 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Pelantikan dilakukan di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Pekanbaru, Rabu (26/12). Wan sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Riau, namun setelah Gubernur Arsyadjuliandi Rahman mengundurkan diri karena ikut maju Pemilihan Legislatif DPR, Wan pun menggantikannya. Masa jabatan Wan juga tak lama lagi, karena Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan wakilnya Brigjen Purn Edy Natar Nasution akan dilantik pada Maret 2019. Syamsuar merupakan Bupati Siak dua periode yang memenangkan Pilkada Riau 2018 mengalahkan petahana.

Menjelang lengser, Wan Thamrin melantik pejabat dan tenaga perencanaan, guru, perawat, auditor, pengawas keternagakerjaan, polisi kehutahanan, pamong praja, perekayasa, pengawas benih tanaman, pengawas dampak lingkungan hidup, penerjemah, pengelola pengadaan barang dan jasa serta sejumlah tenaga fungsional lainya.

Dari ratusan pejabat yang dilantik sebagai fungsional, dua di antaranya merupakan pejabat eselon II. Yakni Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau Rahmad Rahim, dan Kepala Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Askardia Patrianov. Kedua pejabat ini sebelumnya menempati jabatan struktural. Kemudian, mengajukan diri menjadi pejabat fungsional ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Pengajuan itu dikabulkan oleh Wan Thamrin.

Tak ayal, Rahmad Rahim kini menjadi pejabat fungsional sebagai perencana di Bappeda Riau. Sedangkan Askardia Patrianov dilantik menjabat widiaswara badan pengembangan sumber daya manusia. Saat pidato, Wan mengatakan pelantikan tersebut hanya pindah kamar saja. Dia mengingatkan agar para pejabat yang baru dilantik, dapat memenuhi tanggung jawabnya.

"Jangan pernah memegang bara yang panas, karena ketika dilepas akan terasa panasnya. Sebab sebuah jabatan adalah tanggung jawab, maka laksanakan lah sebaik-baiknya, karena akan dinilai oleh pimpinan dan sang pencipta," ujar Wan.

Untuk diketahui, jabatan fungsional merupakan jabatan teknis yang tak termasuk dalam struktur organisasi. Namun perannya sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok organisasi pemerintahan.

"Yang duduk di kelas struktural jangan lupa menebar ilmu ke mereka (pejabat fungsional) sekalian. Berikan ilmu yang baik untuk Riau yang baik. Berikan sumbangan untuk negeri ini, karena bagaimanapun jabatan ini dijamin UUD. Jangan pernah berleha-leha, karena anda akan dikejar tanggung jawab," harap Wan. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar